Arsip Blog

Sabtu, 18 September 2010

Pumpy dan Paily

Lima ratus tahun yang lalu di Dunia By U Topia hidup dua orang sahabat bangsa Elf bernama Pumpy dan Paily, sejak kecil mereka bercita-cita ingin menjadi orang sukses dan kaya raya. Pada suatu hari King of Elf membuka lowongan pekerjaan di kerajaan untuk membawa air kehidupan dari mata air Cockfight Mountain ke tangki air kota. Cockfight Mountain adalah bukit yang mempunyai dua mata air kehidupan bagi bangsa Elf. Mata air pertama terdapat di puncak sebelah selatan Pegunungan Cockfight Mountain, bangsa Elf memberi nama mata air itu dengan sebutan Starlife karena dari kejauhan mata air ini terlihat berkedip seperti bintang. Mata air ke dua berada di puncak sebelah utara Peguunung Cockfight Mountain yang bernama Moonlife, karena airnya mengalir ke sebuah danau yang berbentuk bundar.

Pumpy ditugaskan untuk membawa air dari Moonlife, sedangkan Paily membawa air dari Starlife. Mereka diberi imbalan yang pantas untuk hal itu. Setiap pagi mereka membawa air dengan sebuah tangki kecil dari mata air ke tangki storage di kota. Pekerjaan itu membuat kehidupan mereka berubah, mereka mempunyai penghasilan yang besar dari King of Elf atas jasanya. Lebih banyak air kehidupan yang dibawa ke kota, semakin banyak pula imbalan yang mereka dapatkan.

Paily mulai menikmati pekerjaan itu, bahkan dia membawa dua buah tangki kecil agar bisa memperoleh imbalan lebih banyak dari Sang Raja. Setiap pulang kerja Paily kerap bersenang-senang dengan Pegasus barunya. Malam harinya ia pergi ke bar untuk bersantai. Paily berhasil membeli rumah besar dan mewah dengan penghasilannya. Sedangkan, Pumpy menikmati juga pekerjaanya. Setiap hari dia hanya membawa air dengan satu tangki kecil. Penghasilannya digunakan untuk membeli rumah sederhana di tepi Sungai Long Hi.

Pumpy mulai berfikir bahwa ia tidak akan selamanya bekerja sebagai pengangkut air, karena kesehatannya dan fisiknya tentu akan menurun seiring bertambahnya umur. Dia mulai memikirkan cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Ide cemerlang mulai bercahaya di otaknya. Ia berencana untuk membuat pompa raksasa di Moonlife dan menyambungkannya dengan pipa-pipa bambu menuju tangki storage kota. Ia pun menceritakan idenya pada sahabatnya Paily.

Paily merasa mendengar ide paling bodoh yang pernah disampaikan Pumpy, ia meremehkan pendapat sahabatnya itu. Bahkan semakin hari tangki yang dibawa ke kota semakin banyak. Kebiasaannya bersenang-senang sepulang bekerjapun tetap ia lakukan. Namun Pumpy tetap kokoh dengan pendiriannya, dia mulai membangun rencananya setiap pulang bekerja. Sepintas memang terasa perbedaan yang sangat menonjol mengenai kehidupan mereka. Pumpy terlihat seperti seorang pemimpi dengan ide gilanya itu, sedangkan Paily terlihat semakin sukses dengan penghasilannya.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, kemampuan fisik mereka semakin lemah, namun mereka tetap melakukan pekerjaannya dengan suka cita. Paily tetap dengan pemikirannya yang skeptis, sedangkan Pumpy setiap pulang dari pekerjaannya dia membangun pompa raksasa dan pipa-pipa bambu. Pumpy melakukannya dengan loyalitas tinggi dia tidak mengharapkan imbalan dari kerajaan atas idenya itu.

Tahun pun mulai berganti, Pumpy berhasil mewujudkan impiannya itu, pompa raksasa di Moonlife telah terhubung dengan pipa-pipa bambu menuju kota. Pumpy melakukan rencananya dengan sempurna dan air pun mengalir dari Moonlife ke tangki storage kota. Dia tidak perlu lagi mengangkat tangki dari pegunungan ke kota. Sekarang kegiatannya setiap haripun menjadi semakin santai, kehidupannya lebih maju, Pumpy mendapatkan penghasilan jauh lebih banyak dari Paily, bahkan Pumpy mendapatkan penghargaan oleh King of Elf atas idenya tersebut. Paily mulai menua, otot-otot lengannya tidak mampu lagi membawa tangki-tangki air menuju kota. Seiring waktu berjalan tangki yang dibawa semakin sedikit dan kecil. Penghasilannya pun menurun.

uang adalah Raja yang kejam, namun Prajurit yang setia. Biarkan uang bekerja untuk kita, jangan biarkan mereka memperbudak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome To By-U Topia World

What if, you think is not as you think...
Make Your own delusion...